Logo

Laporan Pemintaan Informasi Publik Tahun 2016

 Dr Surya Chandra Surapaty, MPH, Ph.D adalah Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Surya Chandra, lahir pada tanggal 23 Juni 1951 di Palembang, Sumatera Selatan. Menghabiskan masa kanak- kanak hingga dewasa di Palembang, dia menyelesaikan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Kemudian meraih gelar Master of Public Health dari University of Hawaii at Manoa, Honolulu, USA pada tahun 1984. Lanjutan studinya berlangsung di University of Michigan, USA meraih gelar Doktor in Population Planning and International Health pada tahun 1987.

Surya Chandra memulai karirnya sebagai dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang sejak tahun 1978 hingga menjadi seorang lektor pada tahun 1999. Dari bidang akademis karirnya berpindah ke politik untuk menjadi Wakil Rakyat di DPR-RI, pada periode 1999 – 2004. Duduk di Komisi VII bidang Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kependudukan, Sosial dan Pemberdayaan Perempuan. Pada periode berikutnya beliau menjadi Tenaga Ahli DPR RI Komisi IX sekaligus melanjutkan tugas sebagai akademisi, menjadi dosen Luar Biasa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Pada periode 2009 – 2014, karir politik beliau dilanjutkan dengan menjadi anggota DPR-RI, Komisi IX bidang Kesehatan, Kependudukan, Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sejak Mei 2016, menjabat sebagai Kepala Badan Kependudukan dan Berencana Nasional (BKKBN).

Selama karirnya di DPR-RI, Surya Chandra telah menjadi pimpinan di beberapa Pansus untuk RUU Sistem Jaminan Sosial Nasional, RUU Ketenagakerjaan, RUU Anti Kekerasan Dalam Rumah Tangga, RUU Praktek Kedokteran dan RUU Perlindungan Anak. Sekaligus menjadi salah satu pengusul RUU Amandemen UU no 10/1992 tentang Kependudukan & Keluarga Sejahtera, dan RUU Amandemen UU no 23/1992 tentang Kesehatan.

Surya Chandra juga aktif menjadi pendiri dan KetuaForum Parlemen Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan atau Indonesian Forum of Parliamentarians on Population and Development (IFPPD) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Pimpinan DPR-RI no: 16/PIMP/I/2001-2002 tanggal 22 Oktober 2001. IFFPD bekerjasama dengan berbagai organisasi masyarakat, organisasi profesi, LSM, lembaga internasional dan PBB seperti UNFPA, WHO, UNICEF, USAID, dan AUSAID.

 GALERI KEGIATAN