Logo
images

Sosialisasi KIE Kreatif, program KB atur laju pertumbuhan penduduk

Langkat - Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif Program KKBPK BKKBN tahun 2017 berlangsung di lapangan bola Tanjung Keliling, Desa Minta Kasih, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Jumat (10/11).

Hadir pada kesempatan itu anggota Komisi IX DPR RI Delia Pratiwi Br Sitepu, Camat Salapian Sinar, anggota DPRD Provinsi Sumut Sampang Malem, perwakilan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPKB dan PPA) Kabupaten Langkat, Herwandi, Wakapolsek Iptu Rusli Sembiring, tokoh adat, tokoh agama, para kepala desa, dan ratusan peserta yang terdiri dari masyarakat setempat.

Herwandi, Kabid Dalduk dan Advin Dinas PPKB dan PPA Kabupaten Langkat pada kesempatan itu menegaskan bahwa alat kontrasepsi di Puskesmas diberikan secara gratis. 

"Kalau ada yang tidak gratis sampaikan sama saya," ucap tegas Herwandi.

Selain itu, Herwandi juga mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak kelahiran anak. "Begitu lahiran langsung KB. Paling tidak jarak anak pertama dan kedua tiga tahun," harapnya sembari mengatakan, dengan KB pendidikan anak terjamin, rumah tangga bahagia dan sejahtera. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega menjelaskan terkait padatnya penduduk, sehingga program KB menjadi program nasional yang harus disukseskan. 

"Program KB bertujuan untuk menyeimbangkan pertumbuhan penduduk. Karena banyaknya jumlah penduduk akan menganggu ekonomi keluarga. Bahkan tingginya angka kelahiran semakin tinggi juga angka kematian ibu yang disebabkan oleh empat terlalu," paparnya. 

Di tempat yang sama, anggota Komisi IX DPR RI, Delia Pratiwi Br Sitepu menerangkan terkait program Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif. Menurutnya, KIE merupakan satu proses penyampaian pesan, informasi yang diberikan kepada masyarakat tentang program KB dengan menggunakan berbagai media dengan tujuan utama untuk memecahkan masalah dalam lingkungan masyarakat dalam meningkatkan program KB atau sebagai penunjang tercapainya program KB, untuk memecahkan masalah di kalangan masyarakat dalam meningkatkan program KB. 

"Pasangan usia subur mari ikut KB agar laju pertumbuhan penduduk dapat agar pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan dengan baik," pungkas Delia. 

Sumber : https://elshinta.com/news/126707/2017/11/10/sosialisasi-kie-kreatif-program-kb-atur-laju-pertumbuhan-penduduk