Logo
images

SOSIALISASI HARGANAS XXIV TAHUN 2017 MELALUI FORUM TEMATIK BAKOHUMAS

Jakarta - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas sekaligus Peresmian Sertifikasi Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Auditorium Kantor Pusat BKKBN (14/06/2017). Forum Tematik Bakohumas kali ini mengambil tema “Melalui Kemitraan Forum Bakohumas, Mari Kita Sosialisasikan HARGANAS XXIV Tahun 2017 Guna Membangkitkan Keluarga Indonesia Membangun Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera” dan Sukseskan Peresmian Sertifikasi Penyuluh KKBPK.

Forum Tematik Bakohumas bertujuan menyebarluaskan informasi mengenai program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan sosialisasi acara Hari Keluarga Nasional XXIV (HARGANAS) tahun 2017 yang puncaknya akan di laksanakan di Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung pada 15 Juli tahun 2017. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Dirjen IKP Kominfo dan Ketua Forum Bakohumas Rosarita Niken Widiastuti, Pejabat Tinggi Madya, Pratama, Administrator BKKBN dan anggota forum Bakohumas dari Kementerian dan Lembaga. Kegiatan ini juga dilakukan video conference yang disaksikan oleh Perwakilan BKKBN seluruh Indonesia, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah KB dan penyuluh KKBPK.

Dalam sambutannya Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menyampaikan, “Kami mengharapkan dukungan dari seluruh anggota Forum Bakohumas untuk mensosialisasikan Hari Keluarga Nasional kepada instansinya masing-masing dan masyarakat. Sekaligus juga menjadi komunikator program KKBPK menyampaikan pesan-pesan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kepada masyarakat, Harganas sebagai upaya terus menerus untuk meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera”, ungkap Surya.

Peringatan Hari Keluarga Nasional setiap tanggal 29 Juni yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional bertujuan meningkatkan peran serta pemerintah dan pemerintah daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 (delapan) fungsi keluarga dan pembentukan karakter sejak dini, untuk mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera. Tema Harganas tahun 2017 adalah Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun  Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan. Pesan atau tagline yang disampaikan adalah Keluarga Berketahanan Indonesia Mandiri Dan Sejahtera. Pendekatan ketahanan keluarga itu sendiri adalah Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya serta Keluarga Peduli dan Berbagi.

Sementara itu Dirjen IKP Kominfo selaku Ketua Forum Bakohumas Rosarita Niken Widiastuti dalam sambutannya menyampaikan, “Mari kita sosialisasikan Harganas tahun 2017 guna membangkitkan keluarga indonesia membangun keluarga kecil bahagia sejahtera. Indonesia bahagia awalnya dari keluarga, dan BKKBN adalah lembaga yang strategis dalam memajukan bangsa dan negara indonesia. Keluarga perlu terus berkumpul di tengah perkembangan teknologi, karena kita kurang berkumpul dan berkomunikasi. Melalui keluarga berkumpul merupakan awal membangun keluarga bahagia dan membangun indonesia bahagia,” jelas Rosarita

Dalam Forum Tematik Bakohumas kali ini disampaikan diskusi panel tentang materi Hari Keluarga Nasional yang disampaikan oleh Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Ambar Rahayu melalui video conference dan materi Kampung KB yang disampaikan oleh Direktur Bina Lini Lapangan BKKBN Sukaryo Teguh Santoso.

Acara puncak peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan  seperti aksi GenRe (Generasi Berencana), seminar, olahraga/jalan sehat, bakti sosial, pameran dan gelar dagang dengan melibatkan Usaha PeningkatanPendapatanKeluarga(UP2K), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung, pasar rakyat, festival kuliner, dan pagelaran seni budaya. Selain itu, akan diselenggarakan pula pemberian tanda penghargaan kepada para kepala daerah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan tenaga profesional yang dinilai telah berjasa dalam pelaksanaan Program KKBPK. (HUMAS)