Logo
images

Pencanangan Bhakti KB Bhayangkara tingkat Polda tahun 2017

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Busmar Edisyaf beserta jajarannya menghadiri kegiatan Pencanangan Bhakti KB Bhayangkara tingkat Polda tahun 2017 di  di Lapangan Sepakbola Bhayangkara Polsek Warunggunung, Desa Warunggunung, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak (20/04)

Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerjasama antara Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Polda Banten dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lebak. Kegiatan bertema “Melalui Bhakti KB Kes Bhayangkara Tingkat Polda Banten Kita Wujudkan Penduduk Tumbuh Seimbang Guna Terwujud Masyarakat Banten yang Sejahtera Dan Berkualitas” ini turut dihadiri Waka Polda Banten Kombes Pol Aan Suhanan beserta para PJU Polda Banten, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten dan Jajarannya, perwakilan dari BKKBN RI,  Bupati Lebak, Sekda Kab Lebak beserta para SKPD Kab Lebak, Kapolres Lebak AKBP, Dandim 0603 Lebak, Wadanyon 11 Kopasus para Pejabatan Polres Lebak beserta Bhayangkari Polres Lebak, para Kapolsek Jajaran Polres Lebak.

Dalam sambutannya Wakapolda Banten Kombes Pol Aan Suhanan mengatakan, pencanangan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara merupakan komitmen serta kepedulian Polri dalam memberikan pengabdian terbaik melalui penyediaan layanan kesehatan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

“Melalui Biddokkes Polda Banten nantinya akan ikut serta membantu masyarakat dalam mensukseskan program KB dengan membantu pemasangan alat kontrasepsi,” ujarnya.

Kabid Dokkes Polda Banten, AKBP Drg. Ahmad Fauzi mengatakan, bahwa pencanangan Bulan Bhakti KB Kes Bhyangkara tingkat Polda Banten 2017 baru perdana dilaksanakan di wilayah hukum Polres Lebak. “Kedepannya akan dilanjutkan program serupa,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan KB Kes Bhayangkara merupakaan rangkaian kegiatan persiapan HUT Bhayangkara ke 71.

“Implementasinya dikemas dalam kegiatan pelayanan KB Kes yaitu pemasangan alat kontrasepsi, pembagian paket sembako sebanyak 400 paket diserahkan kepada 10 orang yang telah dipasang alat kontrasepsi, yatim piatu dan jompo,” jelasnya.

Sementara Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Kabupaten Lebak memiliki jumlah penduduk 1.295.476 jiwa. Terdiri dari pasangan usia subur sebanyak 290.142 orang, peserta KB aktif sebanyak 208.347 orang akseptor 69.63%. Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi karena masih rendahnya rata-rata usia pertama bagi wanita, masih rendahnya keikutsertaan kaum pria dalam penggunaan kontrasepsi.

“Contoh lainnya, di Lebak akan dibuat program tentang keselamatan ibu hamil dan anak dengan mencanangkan di setiap rumah akan dipasangkan bendera sebagai tanda ada ibu hamil sehingga nantinya timbul rasa kepedulian sekitar kepada si ibu hamil tersebut,” ujarnya.

Kata Iti,  faktor komunikasi menjadi hal yang penting dalam keutuhan rumah tangga. Karena tidak terkendalinya pengaruh teknologi informasi pada saat ini, kemudian faktor kematian ibu dan bayi saat proses kehamilan serta pemberian air susu ibu yang kurang dari dua tahun. 

"Saya mendukung sepenuhnya program KB kesehatan Bhayangkara tahun 2017 yang dilaksanakan di polsek warunggunung Kabupaten lebak," tutupnya

Dalam rangkain kegiatannya, diantaranya pembagian paket sembako sebanyak 400 paket, secara simbolis diserahkan kepada 10 orang yang telah dipasang alat kontrasepsi, yatim piatu dan jompo yang diserahkan simbolis oleh Ibu Wakil Bhayangkari Polda Banten Ny Ani Aan Suhanan yang didampingi Wakapolda Banten, Bupati Lebak dan Kepala BKKBN Prov Banten. selain itu juga terdapat pelayanan KB Implat , pelayanan Papsmear dan bazar UPPKS.

Kegiatan selanjutnya, secara simbolis melaksanakan pelepasan burung merpati oleh Bupati Lebak, Wakapolda Banten dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten sebagai tanda secara resmi pembukaan kegiatan Bulan Bhakti KB Kes Bhayangkara Tingkat Polda Banten tahun 2017.