Logo
images

Pencanangan 12 Kampung KB Biak Numfor

Biak- Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty melakukan Kunjungan Kerja ke Provinsi Papua. Mengawali Kunjungan ke Papua Kepala BKKBN mencanangkan Kampung KB dan berdialog dengan warga masyarakat Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua (28/08/2017). Turut serta dalam kunjungan kali ini Ibu Judith dari Pokja Papua, Ibu Chamnah Wahyuni Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN dan Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Papua Charles Brabar.

Dalam kunjungannya ke Biak Numfor, Kepala BKKBN mencanangkan 12 Kampung KB yang dipusatkan di Kampung Binyeiri, Distrik Yendidori. Ke 12 kampung KB ini berasal dari 12 Distrik dari 19 distrik yang ada di Biak Numfor.

Pada pencanangan Kampung KB di Binyeiri dihadiri pula oleh Bupati Biak Numfor Thomas Ondy, Forkompimda, DPRD Biak Numfor, perwakilan Pertamina dan masyarakat Biak Numfor. Dalam kesempatan tersebut digelar pula pameran hasil dari UPPKS, serta dilakukan pelayanan KB, yakni pemasangan implant serta MOP/Vasektomi. 49 orang Bapak yang tergabung dalam KB Pria Sayang Ibu dan Anak turut hadir pada acara tersebut.

Bupati Biak Numfor, Thomas Ondy menyatakan dukungannya terhadap program pemerintah dalam hal ini Program KB ini dibuktikan dengan pembentukan Kampung KB di 12 Distrik.

Sementara itu Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan Pemkab Biak Numfor terhadap Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Surya menegaskan bahwa melalui Program Keluarga Berencana tidak hanya tentang kontrasepsi saja namun juga tentang perencanaan keluarga, kapan menikah kapan punya anak, mengatur jarak kelahiran dengan memberikan kesempatan ibu menyusui sampai dua tahun, asah, asih asuh bagi anaknya. Mengajak masyarakat menjalankan delapan fungsi keluarga sehingga tercipta keluarga bahagia sejahtera.

Pada kesempatan yang sama Kepala Perwakilan BKKBN Papua Charles Brabar menjelaskan, "BKKBN berharap pelayanan Kampung KB harus dilakukan dengan lintas sektor, yakni bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta dinas pemberdayaan masyarakat dan institusi TNI/POLRI setempat" jelas Charles.

Setelah pencanangan Kampung KB kemudian Kepala BKKBN melakukan tatap muka, tanya jawab dan diskusi bersama masyarakat sekitar terkait program KKBPK. (Humas)