Logo
images

Optimalisasi Sosialisasi Program Ketahanan Remaja : Program GenRe Bentuk Remaja Berkualitas dan Terencana

Indragiri Hilir - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Riau menggelar kegiatan optimalisasi sosialisasi program ketahanan remaja melalui Konselor pemula Generasi Berencana (Konsul GenRe), Rabu (11/10/2017) di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil).

Kepala BKKBN Perwakilan Riau, Yenrizal Makmur, mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten lndragiri Hilir jumlah remaja berdasarkan proyeksi Penduduk Tahun 2016 berjumlah 211.263 jiwa.

"Jumlah remaja ini harus dipersiapkan menjadi remaja yang berkualitas sehat, cerdas, memiliki masa depan yang terencana dengan memfasilitasi mereka agar terhindar dari Pernikahan Dini. Termasuk juga seks sebelum menikah dan NAPZA serta pengaruh negatif lainnya," ujar Yenrizal.

Menurut Yenrizal, untuk merespon permasalahan yang ada di kalangan remaja, pemerintah dalam hal ini BKKBN mengembangkan suatu program yaitu Program GenRe (Generasi Berencana).

"Program GenRe bertujuan untuk memfasilitasi remaja belajar memahami dan mempraktekkan hidup sehat, berakhlak serta menerapkan nilai-nilai Revolusi Mental sebagai dasar mewujudkan Generasi Emas Indonesia yang berkarakter," ungkapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk meningkatkan promosi Program GenRe, BKKBN gencar melakukan sosialisasi melalui beberapa kegiatan. Salah satunya mempersiapkan 
tenaga-tenaga Konselor Pemula Generasi Berencana yang nantinya dikenal dengan Konsul GenRe.

"Nantinya konsul GenRe dapat mensosialisikan dan mempromosikan langsung program GenRe kepada remaja-remaja yang ada di kabupaten lndragiri Hilir," jelasnya lagi. 

Sementara itu Direktur Ketahanan Remaja BKKBN Pusat, Eka Sulistia Ediningsih, dalam arahannya mengatakan, BKKBN mengembangkan kegiatan GenRe sebagai intervensi terhadap tantangan dan permasalahan remaja di Indonesia. Sebab secara kuantitas, jumlah maupun proporsi remaja Indonesia saat ini sangat besar.

"Saat ini ada 66.2 juta remaja yang ada Indonesia. Sebanyak 54 juta diantaranya belum menikah. Jumlah remaja yang besar tersebut akan dapat menjadi aset yang luar biasa bagi bangsa dan negara Indonesia apabila dikelola dengan baik. Sebab di tangan remajalah masa depan Indonesia berada," jelasnya.

Eka menambahkan, program GenRe ini dikembangkan di lingkungan pendidikan dan masyarakat yang bertujuan mengajak remaja untuk dapat merencanakan kehidupannya mulai dari pendidikan, pekerjaan, berkeluarga dan bermasyarakat serta menerapkan pola sehat.

"Untuk seluruh remaja yang hadir di acara ini kami berharap agar selalau menjaga dan meningkatkan peran aktif dalam mengelola dan menjaga potensi remaja sehingga senantiasa menjadi remaja yang sehat, cerdas dan ceria. Untuk mitra kerja dan pemangku kepentingan kami senantiasa mengharapkan dukungan serta partisipasinya untuk meningkatkan efektifitas, komitmen dan perjuangan kita dalam mengeloola remaja menjadi lebih baik," harapnya.

Acara kegiatan optimalisasi sosialisasi program ketahanan remaja melalui Konselor pemula Generasi Berencana (Konsul GenRe) ini secara resmi dibuka oleh Bupati Inhil HM Wardan.

Sumber : https://www.cakaplah.com/berita/baca/2017/10/11/program-genre-bentuk-remaja-berkualitas-dan-terencana/#sthash.grxwK27R.dpbs