Logo
images

INTEGRASI PK2020 DENGAN SP2020, KEPALA BKKBN BERTEMU DENGAN KEPALA BPS

Siaran Pers No. RILIS /058/B4 /BKKBN /VII/2019

Jakarta (19/07/2019) – Dalam rangka pelaksanaan Pendataan Keluarga (PK) 2020 yang akan diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) , Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Dr. Suhariyanto pada Jumat pagi (19/07) di Jakarta.

Pertemuan ini dilaksanakan untuk membahas integrasi data Kependudukan antara PK 2020 dan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang dilaksanakan BPS. Integrasi pelaksanan kegiatan ini merupakan peluang untuk saling melengkapi kebutuhan data agar dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo menjelaskan, Pendataan Keluarga (PK) menjadi sesuatu yang penting bagi pemerintah dalam membuat basis data keluarga Indonesia bagi Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Indonesia. PK menghasilkan data keluarga dan individu by name by address yang menjadi sasaran intervensi program yang dapat ditelusuri dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, sampai dengan tingkat RW/RT bahkan keluarga sebagai unit analisis terkecil. 

“Basis data ini menghasilkan profil Pasangan Usia ubur (PUS), keluarga dengan balita, keluarga dengan remaja, keluarga dengan lansia yang tidak tersedia secara lengkap pada sumber data manapun kecuali melalui pelaksanaan PK”, jelas Hasto. (HUMAS)