Logo
images

HARI KELUARGA NASIONAL : MEMBANGUN KELUARGA BERKETAHANAN

Bandar Lampung (15/07/2017)- Tahun 2017 ini, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) sudah memasuki tahun ke XXIV. BKKBN mengajak keluarga Indonesia untuk berkumpul, berinteraksi, berdaya, serta peduli dan berbagi. Melalui empat hal tersebut menjadi penguat ketahanan keluarga. Tema Harganas Tahun 2017 adalah “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga Yang Berketahanan.” Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 sebagai Hari Keluarga Nasional bukan merupakan hari libur. Pada tahun ini Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional XXIV diselenggarakan di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, pada tanggal 15 Juli 2017.

Acara puncak peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 di Provinsi Lampung 15 Juli 2017 dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti aksi GenRe (Generasi Berencana), Kemah Ketahanan Keluarga Indonesia yang diikuti 800 orang peserta keluarga dari seluruh Indonesia, seminar, olahraga/jalan sehat, bakti sosial, pameran dan gelar dagang dengan melibatkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten dan Kota se-Provinsi Lampung, pasar rakyat, festival kuliner, dan pagelaran seni budaya. Selain itu, diselenggarakan pula pemberian tanda penghargaan kepada para kepala daerah, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan tenaga profesional yang dinilai telah berjasa dalam pelaksanaan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dalam sambutannya menegaskan, "Keluarga memiliki arti yang sangat penting, perlu sinergi pusat dan daerah dalam upaya pembangunan, pembangunan tidak di wilayah fisik saja namun juga perlu membangun kualitas manusia Indonesia sehingga mampu berkompetisi di dalam dan luar Indonesia, dan Keluarga menjadi pilar utama dalam membangun sumber daya manusia. Bagaimana kita membangkitkan kembali gaya hidup sehat melalui empat sehat lima sempurna, dan tentunya perlunya membangun kembali program Keluarga Berencana tentunya tidak hanya membatasi kelahiran namun membangun kualitas keluarga" tegas Puan.

Peringatan Harganas menjadi momentum bagi setiap keluarga Indonesia untuk kembali berkumpul bersama keluarganya, berinteraksi dengan keluarganya bercengkrama, bertukar pengalaman secara langsung dengan komunikasi yang berkualitas setelah sibuk dengan segala aktivitas, memberdayakan lingkungan disekitar keluarga dengan keluarga berdaya dapat lebih mengandalkan segala potensi yang ada dalam dirinya, baik berupa keterampilan, olah pikir, dan pengetahun sehingga mampu melakukan pengasuhan anak yang baik, melaksanakan 8 (delapan) fungsi keluarga, meningkatkan pendapatan keluarga, dan saling berbagi dan peduli dengan keluarga yang lain dan masyarakat disekitar kita.

Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty dalam sambutannya menyampaikan, “Upaya mewujudkan keluarga sejahtera harus dimulai sejak perencanaan keluarga. Diharapkan keluarga Indonesia kembali kepada penerapan delapan (8) fungsi keluarga yaitu Fungsi Keagamaan, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi, pendidikan dan ekonomi serta pembinaan lingkungan. Dengan melaksanakan fungsi keluarga secara menyeluruh dan konsekuen maka keluarga sejahtera dapat tercapai dan menentukan kualitas bangsa Indonesia ke depan.” jelas Surya.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo dalam sambutannya kembali menegaskan arti penting keluarga, "Pembangunan adalah membangun manusia Indonesia, yaitu dari Keluarga, membangun beragam infrastruktur penting namun yang tidak kalah penting adalah membangun kualitas manusianya", jelas Ridho.

Kemudian Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menyampaikan, "Kami berharap semoga Hari Keluarga Nasional XXIV ini dapat dijadikan pemersatu program yang menjadi daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, Kementerian/Lembaga, Tim Penggerak PKK dan Pemerintah Daerah. Bentuk nyata dari sinergitas tersebut antara lain dengan memberdayakan masyarakat desa dengan pelembagaan Kampung KB", tegas Surya.

Untuk memperingati Harganas XXIV tahun 2017 BKKBN mengadakan beragam kegiatan yang terdiri dari kegiatan pra Harganas dan puncak Harganas. Pada pra Harganas diselenggarakan kegiatan: sosialisasi mengenai harganas kepada para sineas muda, car free day di beberapa kota, pencanangan logo Harganas, penyerahan beasiswa, mudik bersama, bazar/ pasar murah, kegiatan pelayanan KB MKJP, IVA-test, dan papsmear, temu pengelola program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) tingkat nasional. (HUMAS)