Logo
images

Duta GenRe untuk Tangkal Kenakalan Remaja

PROKAL.CO, Informasi seputar kenakalan remaja sudah tentu harus dipahami oleh remaja itu sendiri. Tidak sampai di situ, para remaja yang telah mengerti diharapkan bisa menyebarkan paham yang sama. Maksudnya agar tingkat kenakalan bisa diredam.

MENGAKOMODASI kepentingan itu, perlu ada sosok remaja yang menjadi panutan. Salah satu yang tengah diupayakan pemerintah kini, yakni pemilihan duta GenRe, alias generasi berencana. Sudah tiga tahun terakhir pemilihan itu terlaksana, hasil kerja sama antara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pusat Informasi Konseling (PIK) Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda dan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Samarinda.

“Duta yang terpilih diharapkan bisa menjadi role model, panutan, motivator, dan konselor untuk sesama remaja,” terang Iqbal Permana, ketua UKM PIK UWGM, Selasa (2/5).

Dia menjelaskan, lewat para duta, diharapkan angka pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba di kalangan bisa ditekan. Salah satu cara pencegahan, yakni dengan menyosialisasikan bahaya aktivitas tersebut sejak dini. “Sebab, itu dapat merusak masa depan pelajar, sehingga perlu digalakkan pembukaan wawasan terkait hal tersebut. Adanya duta, dapat menjadi percontohan agar remaja semakin teredukasi,” jelas dia.

Tidak hanya itu, para pelajar bisa diselamatkan dengan memasyarakatkan kegiatan belajar, menempuh pendidikan, dan mengikuti ajang-ajang positif penunjang prestasi. “Semoga mereka yang menang tidak hanya berhasil memukau juri, juga menang di lingkungan masyarakat dan remaja khususnya, sebagai teladan,” akhir Iqbal.

Duta GenRe terbuka untuk masyarakat dan para mahasiswa. Ada 10 peserta yang masuk final. Kemampuan mereka diuji dari keluasan wawasan seputar bidang modeling, bahaya narkoba, pengetahuan umum, hingga public speaking. Setelah itu, mereka yang terpilih diharapkan bisa menyebarkan informasi positif ke masyarakat, khususnya sesama remaja. (*/el/ndy/k8)