Logo
images

Centre Of Excellence BKL Diharapkan Bisa Membina Lansia

Belitung Timur - Bupati Kabupaten Belitung Timur, Yuslih Ihza meresmikan Centre of Excellence (CoE) Bina Keluarga Lansia (BKL).

Belitung Timur merupakan kabupaten yang pertama melaunching Central of Excellence (CoE) Bina Keluarga Lansia (BKL) tingkat kabupaten Kota pada tahun 2019.

Dalam sambutannya Yuslih menyampaikan kesehatan Lansia perlu mendapatkan perhatian khusus dengan tetap dipelihara dan ditingkatkan agar selama mungkin dapat hidup produktif sesuai dengan kemampuannya. Mengingat lansia menghadapi berbagai perubahan dalam hidupnya baik fisik, psikis,sosial, dan ekonomi. dengan demikian diperlukan kesiapan keluarga.

"khususnya keluarga lansia itu sendiri atau keluarga yang mempunyai Iansia untuk membina melalui kelompok kegiatan Bina Keluarga Lansia," ujar Yuslih dalam sambutannya, Kamis (17/10/2019).

Dia menyampaikan BKL adalah kelompok kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga Iansia dan keluarga yang memiliki anggota keluarga berusia di atas 60 tahun ke atas dalam pengembangan, pengasuhan, perawatan, dan pemberdayaan lansia agar dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Menurutnya Keberadaan Kelompok BKL di Kabupaten Belitung Timur hampir sudah dimiliki oleh seluruh desa. namun belum seluruh BKL yang dimiliki menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Sementara itu Kepala Bidang KS-PK, BKKBN Provinsi Bangka Belitung, lsnaini mengatakan
BKL merupakan kelompok kegiatan yang mempunyai tujuan meningkatkan kualitas hidup lansia, melalui peningkatan pengetahuan dan ketrampilan diri memasuki periode usia lanjut.

"Untuk meningkatkan keberadaan kelompok BKL, BKKBN merancang sesuatu strategi untuk pengembangan kelompok BKL dengan berbentuk BKL yang merupakan pusat pengembangan dan pembinaan BKL yang unggul," ujar lsnain.

 

https://belitung.tribunnews.com/2019/10/17/centre-of-excellence-bkl-diharapkan-bisa-membina-lansia