Logo
images

BKKBN Sultra Gelar Pengembangan Dan Pendampingan Pelaksanaan Pokja Di Wakatobi

Wangi-Wangi – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pengembangan dan pendampingan pelaksanaan kelompok kerja (pokja) advokasi yang merupakan akselerasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bersama lintas sektor di Kabupaten Wakatobi 2019.

Asisten I Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi, Kamalu mengatakan, program KKBPK menjadi salah satu perhatian khusus bagi pemda dalam menekan angka kelahiran dan meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

“Wakatobi ini 97 persen wilayahnya adalah laut, hanya 3 persen daratan. Kalau tidak ditekan angka kelahiran maka dikhwatirkan ke depan lahan yang seharusnya untuk pertanian bisa jadi dialihfungsikan menjadi kawasan pemukiman,” kata Kamalu di salah satu hotel di Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Selasa (15/10/2019).

Dikatakan, program KB nasional menjadi program prioritas pembangunan Wakatobi, yakni program pelayanan kontrasepsi dan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini, lanjutnya, sebagai bagian dari realisasi visi dan misi menjadi kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya saing.

Plt Kepala BKKBN Sultra, Jamaluddin mengatakan, berbicara kesuksesan program KKBPK merupakan tugas atau kewenangan bersama antara pemerintah pusat dan pemda.

“Berbicara kependudukan juga bukan hanya membahas tentang jumlah penduduk tetapi lebih pada kualitas penduduk, sehingga tercipta SDM yang berkualitas,” terangnya.

Menurutnya, BKKBN turut memperkuat pelaksanaan pembangunan kependudukan dengan upaya pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk, serta mengarahkan persebaran penduduk.

Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut diikuti 30 orang peserta yang berasal dari mitra kerja dan stakeholder terkait di Kabupaten Wakatobi.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Pemda Wakatobi, Kamalu, dihadiri Plt Kepala BKKBN Sultra, Jamaluddin, Plt Direktur Pemberdayaan Ekonomi Keluarga BKKBN Pusat, Muh Ikbal, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Kabupaten Wakatobi.

https://zonasultra.com/bkkbn-sultra-gelar-pengembangan-dan-pendampingan-pelaksanaan-pokja-di-wakatobi.html