Logo
images

BKKBN Kaltim Gelar Pemilihan Duta Genre 2017

IPKB Kaltim –  BKKBN Provinsi Kalimantan Timur  menggelar pemilihan duta generasi Berencana (Genre)  2017 tingkat Provinsi Kaltim dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di Mall Samarinda Central Plaza (SCP).

“Lomba duta Genre ini adalah  salah satu  jawaban merespon permasalahan  remaja yang saat ini begitu kompleks agar terhindar dari  tiga permasalahan terkait kesehatan reproduksi remaja yakni seks bebas, narkoba dan terjangkitnya HIV/AIDS,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Eli Kusnaeli di Samarinda, Sabtu  (13/5).

Ia mengatakan melalui program Genre mengedepanan pembentukan karakter bangsa  dikalangan generasi muda mereka diberikan wawasan  tentang kependudukan, kesehatan reproduksi remaja, penyiapan kehidupan  berkeluarga, pembangunan keluarga  melalui pusat informasi konseling (PIK) remaja yang ada di Masyarakat,  sekolah dan  perguruan tinggi.

Menurutnya pemilihan duta Genre  ini diharapkan menjadi figur atau contoh, motivator, serta dapat menularkan ilmunya bagi para remaja lainnya,  sehingga para remaja  mampu menunda usia perkawinanya di usia muda, dengan mempersiapkan segalanya atau dengan merencanakan perkawinan dengan matang.

“Jadi para  remaja  telah dibekali  pengetahuan tentang berkeluarga sehingga nantinya bisa merencanakan kapan memiliki anak, mengatur jarak kelahiran dan  berapa jumlah anak yang ideal,” kata Eli Kusnaeli.

Ketua panitia lomba pemilihan duta Genre  2017 , Hartini mengatakan jumlah peserta  yang masuk grand final sebanyak 28 peserta terdiri dari 22 peserta dari Provinsi Kaltim dan 6 peserta dari Provinsi Kaltara.

“Sebelum masuk  grand final tingkat Provinsi mereka terlebih dahulu   dinyatakan menang di tingkat kabupaten /kota dan sebagai wakil daerahnya,” kata Hartini.

Adapun sejumlah peseta berasal dari Provinsi Kaltim  adalah  Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai  Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Penajam Paser Utara , Paser dan Berau. Sedangkan  dari Provinsi Kaltara berasal dari  Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Malinau dan Bulungan.

“Bagi pemenang tingkat Provinsi Kaltim dan Kaltara akan mengikuti lomba tingkat nasional di Jakarta sekitar  bulan Juli,” ujar Hartini.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak   dalam sambutannya  di wakili  Sahbuddin  dari  Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Provinsi Kaltim memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh BKKBN Kaltim.

Berdasarkan data katanya jumlah remaja umur 10-24 tahun   jumlahnya sekitar 64 juta jiwa atau 27,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia  sebanyak 237,6 juta jiwa. Melihat jumlah usia remaja cukup besar maka perlu dipersiapakan sehat jasmani dan rohaninya.

Diakui Sahbuddin bahwa Provinsi Kaltim menduduki peringkat 3 nasional  kasus peredaran Narkoba yang melibatkan banyak generasi muda . Kondisi ini sangat memprihatinkan , sehingga program  BKKBN  seperti Genre perlu dikembangkan dan dipromosikan untuk mewujudkan generasi muda Kaltim yang berprilaku hidup sehat.

Adapun  pemenang lomba pemilihan duta Genre 2017  jalur pendidikan  juara I putra diraih Andi Sirajuddin (Kota Samarinda),Juara I Putri diraih Hotmaida Ainun (Kota Bontang).

Sedangkan Juara I jalur  masyarakat di raih Muhammad Jainuddin (Kota Bontang) dan Juara I Putri diraih Radhika Darmawan (Kabupaten Kutai Kartanegara).

Selanjutnya  untuk pemenang lomba tingkat Provinsi Kaltara, jalur pendidikan, juara I diraih Muhammad Dani Daud (Kabupaten Nunukan) dan untuk juara I putri diraih Nindya Yunasih (Kabupaten Nunukan).

Sementara untuk juara favourite putra maupun putri   keduanya di raih Kota Bontang atas nama Muhammad Jainuddin  dan Hotmaida Ainun.(*)