Logo
images

BKKBN Gelar Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja

"Remaja Harus Merencanakan Masa  Depan"

PADANG PANJANG- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional – 25/10/2017 - Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini. Menurut sumber Proyeksi Penduduk Indonesia pada tahun 2016 sebesar 258,7 juta dan penduduk remaja (usia10 - 24 tahun) sekitar 66,3 juta jiwa. Ini berarti 1 di antara 4 penduduk adalah remaja. Jumlah remaja yang besar tersebut adalah potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan ke depan.

Salah satu Program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan revolusi karakter bangsa sesuai dengan Nawacita. BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan

Sebagai bentuk apresiasi dari BKKBN kepada  para remaja yang aktif dalam kelompok Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja mengembangkan program GenRe, setiap tahun dilaksanakan kegiatan pemilihan Duta Genre untuk memilih remaja yang memiliki kompetensi dan karakter yang sangat baik dan akan menjadi motivator untuk menyampaikan pesan-pesan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE ) Tingkat Nasional Tahun 2017, diselenggarakan di Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan ini turut di dukung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK)

Dalam sambutannya pada pembukaan ADUJAK GENRE di Kampus Institut Seni (ISI) Padang Panjang, Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menjelaskan, “Remaja Indonesia saat ini merupakan generasi milenial, generasi yang hidup dalam alam keterbukaan, keterbukaan berekspresi dan dibanjiri beragam informasi tentunya akan menjadikan muncul beragam persoalan di kalangan remaja dengan adanya pengaruh negatif, namun kalau remaja Indonesia menjadi Generasi Berencana saya berharap mampu menjadi remaja yang tangguh siap menghadapi masa depan dengan  terencana”, jelas Surya.

Apresiasi Duta GenRe dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja (ADUJAK GENRE ) Tingkat Nasional Tahun 2017 merupakan gelaran yang ke-8. Diikuti oleh lebih dari 800 perwakilan remaja dari seluruh Indonesia. Kegiatan kali ini mengambil tema “Sewindu Mengabdi Untukmu Negeri”, diselenggarakan pemilihan Duta GenRe dari tanggal 22-27 Oktober 2017 dan Jambore Ajang Kreatifitas Remaja GenRe dari 24-27 Oktober 2017. Akan dipilih Duta GenRe dari jalur pendidikan dan masyarakat dengan juri dari Kemendikbud, Kemenko PMK, BNN, Psikolog dan BKKBN.

Pada kesempatan tersebut Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan, ”Melalui GenRe diharapkan remaja dapat memiliki perencanaan dalam hidupnya, kepada generasi muda rencanakan hidupmu dengan matang, tantangan saat ini cukup berat bagi generasi muda, perkembangan teknologi dan kebebasan harus disikapi dengan bijak, jangan larut, hidup adalah pilihan, pilihan adalah perencanaan”, ungkap Nasrul Abit.

Melalui Program GenRe, remaja dibina dan diarahkan untuk mampu menjalani masa transisi kehidupan remaja. Masa transisi dimaksud dibagi ke dalam Lima Transisi Kehidupan (Five Life Transitions), yaitu 1) melanjutkan sekolah (continue learning); 2) mencari pekerjaan (start working); 3) memulai kehidupan berkeluarga (form families); 4) menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship); dan 5) mempratikkan hidup sehat (practice healthy life).

Mengakhiri sambutannya Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty menyampaikan, “Melalui kegiatan ini saya berharap akan muncul remaja-remaja Indonesia yang tangguh yang dapat menjadi contoh dan mampu memotivasi remaja Indonesia lainnya menjadi Generasi Berencana, remaja yang mampu merencanakan masa depannya dengan baik, saya mengharapkan para remaja dapat menjadi motivator Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga melalui kegiatan Remaja di masing-masing daerahnya” pungkas Surya. (HUMAS)