Logo
images

1000 Remaja Sekadau Ikuti Jambore Untuk Wujudkan Generasi Berencana

SEKADAU-Mewujudkan Generasi Berencana (GenRe) yang maju mandiri dan berdaya saing menjadi pemicu 1000 remaja dari PIK Remaja seluruh pelajar SMA dan SMK di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat mengikuti Jambore Pusat Informasi dan Konseling) Remaja (PIK R) Sekadau kelima Tahun 2017.

Jambore PIK R yang dimulai pada Tahun 2013, dalam perjalanannya di Kabupaten Sekadau, pembentukan PIK R berjumlah 6 kelompok sekolah dan di Tahun 2017 ini diikuti 9 sekolah yang tersebar di 4 PIK R Masyarakat di Kampung KB yang ada di Sekadau.

Deputi Bidang Pelatihan Penelitian dan Pengendalian BkkbN, Sanjoyo menuturkan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN), memiliki 3 pilar yaitu kependudukan, keluarga berencana dan pendidikan keluarga berkualitas.

"Maka dari kegiatan Jambore ini merupakan salah satu sosialisasi pembentukan keluarga berkualitas yang dimulai dari remaja generasi penerus bangsa," ungkapnya saat Membuka Jambore PIK Remaja GenRe di SMK 1 Sekadau, Senin 11 September 2018.

Perhatian pemerintah, diakui Sandjoyo menjadi hal penting bagi perkembangan remaja dalam membentuk generasi berkualitas yang dimulai dari keluarga.

"Peran pemerintah tentu menjadi hal penting mengingat para remaja semenjak dini harus diarahkan ke acara dan kegiatan positif seperti Jambore ini," jelasnya.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan melalui Jambore yang diadakan, seluruh remaja dapat mempersatukan kelompok-kelompok untuk berbagi keaktifitasan terutama di kelompok remaja yang ada di seluruh Kampung KB Kabupaten Sekadau.

"1000 remaja yang mengikuti Jambore ini berasal dari seluruh sekolah di Sekadau, selain berkompetisi juga menjadi jembatan sosialisasi pemerintah dalam hal kependudukan, kepedulian mereka akan memiliki kehidupan berkualitas," paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Sekadau Provinsi Kalbar, Stepanus menambahkan partisipasi seluruh remaja kedepan diharapkan lebih meningkat.

Untuk Kampung KB di Sekadau, ia menjelaskan ada di Dusun Selintah, Dusun Pangkin dan di Dusun Riam Panjang. (Dina Prihatini Wardoyo/Tribun Pontianak)