Logo
images

Taman Keluarga Meriahkan Peringatan Hari Keluarga Nasional

Manado - Ada yang berbeda dengan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV tahun 2018 dengan tahun tahun sebelumnya. Tahun ini, Harganas dimeriahkan dengan hadirnya Taman Keluarga di tengah tengah masyarakat tepatnya di Lapangan Basket Mega Mas di kota Manado, Sulawesi Utara. Taman Keluarga dibuka secara resmi Selasa 3 Juli 2018 pukul 14.00 WITA, pembukaan dihadiri oleh para kader kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK R, Kelompok KB Pria serta PKB/PLKB dari Kota Manado. 

Plt. Deputi Bid. Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN, M.Yani dalam sambutannya pada pembukaan Taman Keluarga mengungkapkan, “Fasilitas ini belum pernah ada pada peringatan Harganas sebelumnya, ini merupakan upaya untuk mendekatkan program kepada masyarakat dengan menyediakan ruang publik yang ramah dan hangat, mengusung kearifan budaya lokal dan menawarkan serangkaian fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga”, ungkap M.Yani.

Taman Keluarga terbuka untuk masyarakat umum dari tanggal 3-7 Juli 2018 dan menyediakan fasilitas antara lain: pelayanan konsultasi KB dan kesehatan reproduksi, konsultasi psikologi anak, remaja dan lansia, family coachingCarnaval Family Fun Games seperti seperti basket, panahan,  mini atv dan permainan lainnya serta pojok kependudukan. Ikut digelar juga permainan edukatif untuk anak, antara lain mini outbound dan mini carrousel. Di setiap area permainan, para keluarga yang datang akan mendapatkan hadiah dari permainan fun games.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Utara, dr. Bahagia Mokogaow yang secara resmi membuka Taman Keluarga dalam sambutannya menyampaikan, “Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara memberikan apresiasi dan terimakasih kepada BKKBN yang telah mengadakan taman keluarga sebagai salah satu rangkaian acara puncak peringatan Harganas di Kota Manado, melalui taman keluarga ini saya mengajak segenap pihak membantu mensosialisasikan program KKBPK kepada seluruh masyarakat”, jelas Bahagia Mokogaow.

Taman keluarga ini gratis dan dibuka untuk umum pukul 13.00-21.00 hari Selasa-Jum’at dan hari Sabtu 08.00-18.00. Karena fungsinya adalah sebagai bentuk sosialisasi Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Pengunjung yang membawa kartu peserta KB akan mendapatkan prioritas untuk menikmati permainan.

Peringatan Harganas itu sendiri menerapkan empat pendekatan keluarga yakni : Keluarga Berkumpul (meluangkan waktu tanpa disibukkan dengan gawai (gadget), televisi, atau alat elektronik lainnya), Keluarga Berinteraksi (meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama, serta saling tukar pengalaman dengan komunikasi yang lebih berkualitas), Keluarga Berdaya (keluarga mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk membuat diri dan keluarganya tidak bergantung pada pihak lain) serta, Keluarga Peduli dan Berbagi (keluarga yang mampu dan lebih beruntung mempunyai kepedulian dan keinginan untuk berbagi dan menolong orang lain). (HUMAS)