Logo
images

Sestama BKKBN H Nofrijal SP, MA menyampaikan sambutan sekaligus membuka Korenda Program KKBPK Tahun 2018

Pe­maduan Pe­ren­canaan Program dan Ang­garan KKBPK Ting­kat Provinsi Sumatera Utara

Medan (Analisa). Dalam rangka mewujudkan target RP­JMN dan Renstra 2015-2019 Program Ke­pen­dudukan, Keluarga Berencana dan Pem­bangunan Keluarga (KKBPK), Per­wakilan BKKBN Sumut menggelar Pe­maduan Pe­ren­canaan Program dan Ang­garan KKBPK Ting­kat Provinsi Sumatera Utara dan Ka­bupaten/Kota (Korenda) Ta­hun 2018 mulai Rabu-Jumat (12-14/9) di Hotel JW Marriott Medan. Kegiatan tersebut diikuti 70 peserta yang ber­­asal dari OPD Provinsi, OPD-KB ka­bupaten/kota dan Perwakilan BKKBN Sumut.

Dalam sambutannya Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN H Nofrijal, SP, MA mengungkapkan, bahwa tahun 2019 arah kebijakan Pembangunan Nasional Peme­rin­tah menitikberatkan pada peningkatan Sum­ber Daya Manusia (SDM).

“Pembangunan Manusia Indonesia yang berkualitas itulah yang menjadi tujuan utama Program KKBPK. Dalam memben­tuk SDM yang berkualitas, BKKBN me­mi­liki berbagai program unggulan mulai sejak manusia belum dilahirkan sampai pada usia lanjut. Program Generasi Beren­cana (GenRe) sebagai perencanaan sebe­lum berkeluarga, Program Orangtua Hebat, Pro­gram Bina Keluarga Balita (BKB), Program Bina Keluarga Remaja (BKR) hingga Program Bina Keluarga Lansia (BKL).  Jika keseluruhan program ini dapat berjalan de­ngan baik di masyarakat, tentu akan ber­dampak terhadap peningkatan kualitas SDM Manusia Indonesia," jelasnya di ha­dapan peserta.

BKKBN, lanjutnya, telah berupaya memasilitasi dan merancang bentuk-bentuk kegiatan melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik (BOKB). “Tahun 2019 adalah tahun politik, mari kita rumuskan bersama rencana kegiatan dan dukungan anggaran program KKBPK guna mencapai target yang telah ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019 secara terpadu dan sinergi melalui Sharing Budget antara APBN dan APBD,“ harapnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Sumut Temazaro Zega berharap melalui kegiatan ini dapat terjalin sinergitas antar satker dalam penyusunan program dan anggaran secara holistik, integratif dan tematik. Sehingga pelaksanaan program KKBPK di masa mendatang dapat berjalan baik dan sesuai dengan arah kebijakan nasional.

“Berbagai kegiatan akselerasi yang telah dilaksanakan maupun yang akan diren­ca­nakan ke depan, diharapkan dapat mem­be­rikan daya ungkit untuk percepatan pen­capaian sasaran program KKBPK di ka­bu­paten dan kota, sehingga dapat memberi kon­tribusi yang optimal bagi pencapaian pro­gram KKBPK di Sumatera Utara,” paparnya.

Melalui pertemuan ini, peserta akan dibekali dengan berbagai materi antara lain kebijakan perencanaan program dan anggaran program KKBPK serta kebijakan penghematan anggaran TA 2019, kebija­kan program prioritas nasional BKKBN dalam rangka penguatan promosi dan KIE 1000 HPK dan penanganan stunting TA 2019, peluang dan dukungan pembiayaan program pembangunan kependudukan dan KB Provinsi dan kabupaten/kota melalui APBD TA 2019, kebijakan dan peman­fa­atan hasil pendataan keluarga dan SIGA, ke­bijakan dan pemanfaatan hasil SDKI 2017 dan hasil SKAP 2018, rencana kerja pro­gram kegiatan bidang KBKR dan ana­lisis PPM 2019, kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan dan KB 2019, serta pembahasan sharing anggaran APBN dan APBD Tahun 2019.