Navigate Up
Sign In
BKKBN > Berita Daerah > Milad, Aisiyah Berikan Pelayanan KB Gratis
Milad, Aisiyah Berikan Pelayanan KB Gratis
Monday, May 21, 2012
Bkkbn online- Dalam rangka memperingati hari jadi atau milad ke-97, Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Aisiyah Muhammadiyah Pekanbaru, menggelar bakti sosial. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni memberikan Pelayanan KB secara gratis kepada masyarakat, khususnya kader Aisiyah yang berada di 10 cabang.
Dikatakan Pimpinan Daerah Aisiyah Muhammadiyah Pekanbaru Hj Ratnawilis Boer, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) dengan BKKBN Provinsi Riau yang sudah berjalan sejak lima tahun silam. Kegiatan ini diharapkan memberikan Kontribusi rill kepada pemerintah melalui BKKBN dalam rangka membantu menurunkan angka jumlah penduduk.
“Aisiyah sudah ada MoU dengan BKKBN. Nah, kegiatan Pelayanan KB gratis ini tentu berkaitan dengan MoU dan pastinya membantu program Pemerintah dalam KB. Di Pekanbaru, Aisiyah memiliki 10 cabang. Kita kumpulkan kaum ibu untuk ber-KB khususnya dengan alat kontrasepsi IUD dari 10 cabang itu. Target kita 100 orang. Tahun lalu kita laksanakan pemeriksaan untuk ibu hamil,” ungkap Ratnawilis.
Kepala Bidang Keluarga Berencana Kesehatan Reproduksi (KBKR), Sudirman Saman, mengatakan, MoU dengan Aisiyah Muhammadiyah dinilai sangat perlu mengingat organisasi ini memiliki kader dan pelayanan  hingga tingkat kecamatan. Sementara, mengapa IUD dipilih, karena merupakan salah satu alat kontrasepsi jangka panjang yang dinilai lebih efektif.
“IUD ini lebih efektif karna jangka panjang dan tanpa resiko sebab non hormonal. Kita akui, angka kelahiran di Indonesia tinggi, begitu juga angka kematian. Nah, sekarang kita menggalakkan pelayanan KB bersama swasta,” ungkap Sudirman pula. Bersumber Pekanbaru Pos (DN)