Depan > Index Berita > HARI KELUARGA KE-20 AKAN DIGELAR DI KENDARI
HARI KELUARGA KE-20 AKAN DIGELAR DI KENDARI
Jumat, 26 April 2013

​JAKARTA, bkkbn online
 
Hari Keluarga ke-20 akan digelar di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, tanggal 29 Juni 2013. Ketua Umum Tim Penggerak (TP) PKK selaku Ketua Panitia Hari Keluarga ke-20 Vita Gamawan Fauzi menyerahkan logo Hari Keluarga XX kepada Gubernur Sulawesi Tenggara, di Kota Kendari, 22 April 2013 untuk dimanfaatkan sebagai media sosialisasi penyelenggaraan Hari Keluarga.
 
Penyerahan logo Hari Keluarga tersebut bersamaan dengan kegiatan Gerebeg Pasar (Gerakan Pemberdayaan Keluarga Pas Sasaran). Kegiatan ini merupakan kegiatan KIE terpadu sekaligus mengawali kegiatan Hari Keluarga ke-20 XX dengan kegiatan utama pelayanan KB, pemberdayaan ekonomi keluarga, pembinaan ketahanan keluarga terutama melalui upaya mewujudkan Generasi Berencana (GenRe) dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.
 
Saat melihat langsung kegiatan Gerebeg Pasar di Kendari, Ketua Umum TP PKK Vita Gamawan Fauzi  mengatakan, kegiatan ini sangatlah tepat, karena pasar sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual sekaligus sebagai setra ekonomi kerakyatan yang mempunyai kekuatan luar biasa untuk mendukung ekonomi keluarga sebagai salah satu dari 8 fungsi keluarga.
 
Melalui jual-beli di pasar akan terjadi komunikasi efektif antarpedagang dan penjual sehingga bisa disisipkan informasi tentang Keluarga Berencana. Misalnya pedagang bertanya kepada pembeli, bera pa jumlah anak, sudah ikut KB atau belum, pakai alat kontrasepsi apa, aktif di BKB atau tidak dan informasi lainnya yang menyangkut pembangunan keluarga kecil bahagia dan sejahtera.
 
Kegiatan Gerebeg Pasar ini pun dilakukan dengan harapan agar informasi KB dapat menyebar ke seluruh titik kegiatan masyarakat tidak hanya di rumah sakit, puskesmas,  tetapi juga ada di mall dan juga pasar-pasar tradisional seperti pasar kaki lima kota Kendari ini.  Harapannya dimanapun masyarakat berada, apapun aktivitasnya, akses untuk mendapatkan informasi dan pelayanan KKB dengan memperhatikan kualitas pelayanan, semakin mudah dan pelayanan KB semakin sering terpapar informasi yang tepat.(kkb2)