Depan > Index Berita > GENRE ACTION 2012 DIGELAR DI PLAZA BAPINDO
GENRE ACTION 2012 DIGELAR DI PLAZA BAPINDO
Senin, 26 November 2012

​JAKARTA, bkkbn online
 
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan Genre Action 2012 Anugerah Lomba Poster Nasional. Kegiatan yang ditujukan untuk kawula muda ini akan digelar di Assembly Plaza Bapindo, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa, 27 November 2012. Lomba poster Genre tingkat nasional ini berhadiah jutaan rupiah dan akan memperebutkan piala bergilir dari Ibu Negara dan piala tetap dari SIKIB.
 
Kegiatan yang melibatkan sejumlah arits ini merupakan inisiatif BKKBN menciptakan ruang publik bagi pencurahan kreatifitas, ekspresi dan sosialisasi bagi generasi muda untuk meningkatkan pemahaman akan program keluarga berencana dan kependudukan.
 
"Genre Action 2012 ditujukan bagi generasi muda berencana, yang fokus utamanya tahun ini mencakup triad kesehatan remaja, yaitu say no to drugs, say no to free sex and say goodbye HIV/AIDS," kata Plt Kepala BKKBN Subagyo kepada pers di Jakarta, Sabtu (24/11).
 
Menurut Subagyo, tiga hal itu merupakan persoalan pokok generasi muda yang saling berhubungan satu sama lain. Hasil sensus penduduk 2010 menunjukkan bahwa 1 dari 4 orang penduduk Indonesia merupakan kaum muda berusia 10-24 tahun atau mencapai sekitar 63,4 juta atau sekitar 26,7 persen dari total penduduk. " Indonesia menghadapi persoalan dalam kehidupan dunia remaja," ungkapnya.
 
Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN, Sudibyo Alimoeso mengatakan , kegiatan Genre Action 2012 ini diharapkan dapat lebih memaksimalkan penggalian terhadap potensi generasi muda berencana. “Penduduk berusia 15-19 tahun sekitar 20.880.734. Remaja ini perlu penyaluran ekspresi dan perlu ruang untuk berkreasi. Jika ini tidak terpenuhi maka remaja bisa lari ke hal-hal yang negatif. Itu tidak kita inginkan,” ujarnya.
 
Oleh karena itu, BKKBN telah mengembangkan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Kesehatan Reproduksi Remaja untuk siswa SMA dan mahasiswa, yang kini jumlahnya mencapai 16.000 unit tersebar di seluruh Indonesia.
 
Sudibyo menegaskan, PIK KRR dengan program Genre bisa mewujudkan manusia yang produktif. Caranya sejak remaja harus terbebas dari 3 hal dan bisa melewati 5 transisi. “Ada tiga hal yang harus zero accidennt atau tidak boleh terjadi pada remaja yaitu, seks di luar nikah, terlibat narkoba, dan tertular HIV-AIDS,” ujarnya.
 
Lima transisi yang harus bisa dilewati remaja agar bisa menjadi manusia produktif adalah bisa melanjutkan sekolah, bekerja, menikah, bermasyarakat, dan melakukan pola hidup yang sehat. “Jika tidak bisa melewati lima transisi itu, maka penduduk yang sekarang ini remaja, nanti di tahun 2020 tidak bisa memanfaatkan bonus demografi dan jendela peluang yang ada di masa itu, menjadi pintu kesengsaraan,” kata Sudibyo.
 
Deputi Advokasi Penggerakkan dan Informasi BKKBN Hardiyanto menjelaskan, kegiatan lomba poster Genre diikuti oleh 33 provinsi, masing-masing provinsi mengirimkan perwakilan yang sudah diseleksi dalam tiga kategori yaitu kategori umum, mahasiswa dan SMU. Peserta nantinya akan menerjemahkan tiga aksi generasi berencana dalm bentuk ide kreatif, konsep desain, poster. "Hasil desain yang dibuat akan dinilai berdasarkan kriteria penilaian ide orisinil, kandungan konten pesan dan grafis juga kemasan lokal," ujarnya.

 
Para juara akan mendaptkan piala bergilir dari Ibu Negara RI, piala tetap dan piagam penghargaan dari Kepala BKKBN dan SIKIB, serta tabungan pembinaan senilai Rp10 juta untuk juara pertama, juara kedua senilai Rp7,5 juta dan juara ketiga akan mendapatkan Rp5 juta. "Final dan pengumuman pemenang akan diselenggarakan pada  27 November mendatang di Jakarta," ungkapnya.(kkb2)