Depan > Index Berita > KUNJUNGAN KERJA DEPUTI KS PADA ACARA GENRE TO SCHOOL DI SULAWESI SELATAN
KUNJUNGAN KERJA DEPUTI KS PADA ACARA GENRE TO SCHOOL DI SULAWESI SELATAN
Selasa, 30 Oktober 2012

​SULSEL BKKBN Online,

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan telah melaksanakan beberapa rangkaian acara terkait Peringatan Hari Keluarga XIX tahun 2012 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan  mulai dari tanggal 23 s.d  puncak acara pada tanggal 24 Oktober 2012.
 
Diawali pada hari Selasa tanggal 23 Oktober 2012 diadakan kegiatan Genre Goes To School kerja sama dengan Direktorat Ketahanan Remaja, Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan dan SMU Negeri 5 Makassar. Acara ini dihadiri oleh Deputy Bidang KS-PK BKKBN Bapak Sudibyo Alimoeso beserta jajarannya Direktur Ketahanan remaja dan Direktur ketahanan Lansia. Dan kurang lebih 500 peserta dari PIK remaja dari 20 sekolah di Makassar dan beberapa undangan dari kabupaten/kota. Pada kesempatan tersebut hadir pula psikolog Baby Jem Adity yang mengisi acara talkshow bagi siswa yang hadir.
 
Pada acara tersebut bapak Deputy mengungkapkan bahwa perkembangan teknologi dan kemajuan zaman berkorelasi langsung terhadap dampak yang ditimbulkan kepada generasi muda. Ada tiga masalah yang menonjol dikalangan remaja atau generasi muda saat ini yaitu Seksualitas, Narkoba dan HIV/AIDS.  Berdasarkan hasil penelitian Australian National University dan UI tahun 2010 menunjukkan bahwa dari 3006 responden khusus di Jakarta tangerang dan bekasi menunjukkan bahwa 20.9% remaja hamil diluar nikah, data dari BNN tahun 2011 menunjukkan bahwa jumlah kasus narkoba pada remaja sebanyak 40.690 atau 21.5% dari seluruh pengguna dan 45.9% kasus HIV AIDS.
 
Olehnya itu BKKBN bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Pemerintah Daerah melakukan terobosan yang diberi nama Genre atau Generasi Berencana. Program ini akan dimulai dari sekolah-sekolah untuk memberikan pendidikan seksualitas kepada siswa secara nasional Makassar menjadi kota pertama penerapan program ini.
 
Bapak Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin berkesempatan hadir pada acara tersebut  dan sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan BKKBN untuk mewujdukan masa depan cerah bagi generasi Indonesia. Bahwa kemajuan suatu bangsa terletak pada generasi mudanya. Makanya keberhasilan yang kita lakukan hari ini, baru bisa dikatakan berhasil jika generasi muda yang ada saat ini bisa berhasil dan lebih baik dari yang kita lakukan hari ini. Ilham mengatakan pemerintah kota Makassar memiliki komitmen yang kuat dalam mengatasi masalah kependudukan. Realisasinya mulai dari kalangan siswa atau remaja sebagai cikal bakal keluarga berkualitas.
 
Selesai mengisi acara Genre Goes To School Bapak Deputy KS-PK beserta rombongan melanjutkan acara pada peresmian Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Mappadeceng di Jalan Toddopuli 5 no 7 Makassar. Pada acara tersebut dilakukan pelayanan KB terhadap 16 orang akseptor yang terdiri dari 5 orang menggunakan IUD, 10 orang Implant dan 1 suntik. Harapannya bahwa dengan adanya Pusat Pelayanan Keluarga Sejathera Mappadeceng dapat memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan secara koletif melalui layanan konseling BKB, BKR, BKL, Kesehatan Reproduksi dan konseling pra nikah .
 
Acara peresmian PPKS Mappadeceng ini dihadiri kurang lebih 100 orang dari Kabupaten/Kota dengan harapan pada tahun 2013 sudah ada PPKS-PPKS yang dapat dibentuk di Kab/Kota di Sulawesi Selatan
 
Puncak acara Hari Keluarga di Sulawesi Selatan jatuh pada hari Rabu 24 Oktober 2012, Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 1000 orang dari berbagai kalangan mulai dari SKPD KB Kabupaten/kota, Para mitra kerja tingkat provinsi dan organisasi wanita.
 
Bapak Deputy KS-PK dalam sambutannya mengatakan bahwa program KB harus berlanjut walaupun sebagian kewenangan telah diserahkan kepada daerah. Karena dengan program KB kita dapat membentuk SDM yang berkualitas yang tentunya merupakan modal pembangunan bangsa Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo juga menambahkan bahwa keberhasilan suatu daerah dalam pelaksanaan program KB akan sangat meringankan beban pemerintah baik daerah mapun Negara, semuanya berjalan baik jika perencanaannya sesuai Dua anak Lebih Baik.
 
Pada Peringatan hari keluarga ini juga dirangkaikan dengan Pameran Gelanggang Dagang Kelompok UPPKS Tingkat Kab/Kota se Sulawesi Selatan, pengukuhan pengurus Panguyuban Juang Kencana (PJK) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan serta penyerahaan hadiah dalam rangka Lomba menyambut Hari Keluarga yang diberikan langsung oleh Bapak Gubernur Sulawesi Selatan.