Depan > Index Berita > PROGRAM GENRE DISOSIALISASIKAN KE PESERTA SAIL MOROTAI
PROGRAM GENRE DISOSIALISASIKAN KE PESERTA SAIL MOROTAI
Rabu, 29 Agustus 2012

JAKARTA, bkkbn online- Deputi bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN Dr Sudibyo Alimoeso mengatakan, peserta Sail Morotai dalam Lintas Nusantara Remaja Pemuda Bahari, juga memperoleh materi program GenRe dari BKKBN. Di antaranya materi  TRIAD KRR (seksualitas, HIV, AIDS dan Napza), pendewasaan usia Perkawinan, life skills dan 8 fungsi keluarga.

"Pada 2012 ini, Program GenRe menjadi salah satu kegiatan prioritas dan strategis dalam menyiapkan remaja atau mahasiswa menghadapi masa depan yang lebih baik," kata Sudibyo usai melepas peserta Linas Nusantara Remaja Pemuda Bahari ke-3 di Jakarta, Senin (27/8/12).
 
Berdasarkan hasil sensus penduduk 2010, penduduk remaja Indonesia (usia 10-24 th) jumlahnya berkisar 64 juta jiwa atau 27,6 perse dari total penduduk Indonesia yang ada. Potensi remaja yang cukup besar ini bila tidak diarahkan ke hal-hal yang positif.  Remaja perlu mengenal program Generasi Berencana (GenRe) sebagai upaya dalam penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja.
 
“Jika tidak dipersiapkan, kita bersama akan menghadapi permasalahan sosial, ekonomi dan budaya, yang akhirnya akan melemahkan ketahanan keluarga dan bangsa. Jadi, generasi berencana harus berperilaku hidup sehat, berakhlak mulia, produktif, dan mandiri serta terhindar dari Triad KRR," katanya.
 
Triad KRR (kesehatan reproduksi remaja) yaitu seks pra nikah, napza, dan HIV/AIDS. Untuk menghindari Triad KRR itulah, BKKBN gencar mensosialisasikan program GenRe, termasuk partisipasi dalam kegiatan Sail Morotai ini.
 
“Saya berharap para peserta sekembalinya dari kegiatan Sail Morotai, dapat meningkatkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan dan nasionalisme pemuda, kecintaan kebaharian, mengembangkan jiwa wirausaha dan industri kebaharian, serta meningkatkan persaudaraan dan kerjasama di kalangan remaja dan mahasiswa,” ujarnya.(kkb2)