Depan > Index Berita > KEPALA BKKBN USUL NAIKKAN TUNJANGAN PLKB
KEPALA BKKBN USUL NAIKKAN TUNJANGAN PLKB
Minggu, 10 Juni 2012

 

​JAKARTA, bkkbn online – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr dr Sugiri Syarief, MPA, mengusulkan tunjangan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dinaikkan menjadi Rp1 juta. Saat ini tunjuangan PLKB berkisar antara Rp200 ribu hingga Rp400 ribu per bulan.
 
“Saya mengusulkan ini karena penyuluh pertanian dan penyuluh kesehatan saja tunjangannya sudah sejak lama sebesar Rp1 juta. Jadi agar tidak menjadi kecemburuan sosial. Apalagi PLKB sangat penting bagi pelaksanaan program di daerah-daerah,” kata Sugiri Syarief, seperti disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat di Komisi IX DPR RI, Kamis (6/6/12) lalu.
 
Terkait kecukupan PLKB, saat ini masih banyak daerah yang mengeluhkan kekurangan PLKB. Keluhan ini pun kini, menjadi perhatian Wakil Presiden Budiono, karena setiap saat kunjungannya ke daerah, selalu mendapat keluhan kekurangan PLKB. Oleh karenanya, BKKBN tengah menginvetarisir dan memetakan ketubuhan PLKB, untuk mencarikan jalan keluarnya.
 
Jumlah PLKB saat ini sebanyak 24 ribu PLKB. Idealnya 1 PLKB menangani 2 desa. Sehingga seharusnya perlu 35 ribu PLKB. Jadi, saat ini masih kurang 11 ribu PLKB. “Masalah kekurangan PLKB sering terjadi di wilayah pemekaran atau kabupaten baru. Banyak PLKB jadi lurah, camat, dan posisi lainnya di pemerintah daerah bukan yang membidangi KB,” kata Sugiri.(kkb2)