Depan > Index Berita > DUTA MAHASISWA GENRE 2012 KALSEL DAN BALI RAIH PIALA BERGILIR IBU NEGARA
DUTA MAHASISWA GENRE 2012 KALSEL DAN BALI RAIH PIALA BERGILIR IBU NEGARA
Jumat, 11 Mei 2012
​JAKARTA, bkkbn online, Duta Mahasiswa GenRe Sauqi Maulana dari Kalimantan Selatan dan Ni Putu Asteria Yuniarti dari Bali terpilih sebagai Duta Mahasiswa GenRe 2012 tingkat nasional dan berhak meraih Piala Bergilir Ibu Negara Ani Yudhoyono. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Dr dr Sugiri Syarief, MPA, pada acara penutupan Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe di Hotel Kartika Chandra Jakarta, Kamis (10/5) malam.
 
Selain mendapat piala bergilir Ibu Negara, Juara I Duta Mahasiswa GenRe juga mendapat piala tetap  Kepala BKKBN Pusat, piagam penghargaan, dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp15 juta. Juara II Duta Mahasiswa GenRe 2012 tingkat nasional diraih oleh Johan A Pieter Ginnuy dari Papua dan Rani Okta Rina dari Lampung dengan hadiah piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar Rp10  juta.  Sebagai Juara III diraih oleh Rahmat Nazilla dari Aceh dan Hermalina A Windessy dari Papua dengan hadiah piala, piagam, serta mendapat uang pembinaan sebesar Rp7 juta
 
Juara Harapan I diraih oleh Vebriano Lesnussa dari Maluku dan Sri Agustina dari Kalimantan Selatan, mereka mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp4 juta. Juara Harapan II direbut oleh Yaremia Alpea dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Chiesilia Dumingan dari Sulawesi Utara dengan hadiah piala, piagam, serta uang pembinaan Rp3 juta. Untuk Duta Mahasiswa GenRe favorit 2012 dimenangkan oleh Johan A Pieter Ginnuy yang juga meraih Juara II dan Qintari Ayu Aninditha dari Sumatera Utara, hadiahnya piagam dan uang pembinaan Rp5 juta.
 
Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr dr Sugiri Syarief, MPA mengatakan, seluruh peserta pemilihan Duta Mahasiswa GenRe yaitu 64 peserta dari 32 provinsi di Indonesia adalah juara. “Anda tidak perlu berkecil hati bagi yang tidak bisa menjadi juara nasional, karena semua Anda bisa disini karena anda juara. Anda semua tetap menjadi mitra BKKBN dalam mensosialisasikan program GenRe di provinsi masing-masing,” ujarnya.
 
Sebagai Duta Mahasiswa GenRe akan selalu dilibatkan dalam sosialisasi program GenRe di lingkungan kampus dan sosialisasi PIK Mahasiswa. Identitas Duta Mahasiswa GenRe pun akan melekat kapan pun dimana pun dia berada. Oleh karenanya, para Duta Mahasiswa dituntut untuk terus bersemangat menyampaikan pesan-pesan GenRe, antara lain melangsungkan pendidikan secara berencana, merencanakan kehidupan berkeluarga yang sehat dengan menghindari seks bebas, penyalahgunaan napza, dan menghindari tertularnya HIV/AIDS.
 

Sugiri mengatakan, hadirnya Duta Mahasiswa di tengah-tengah remaja dan mahasiswa dinilai sangat strategis, karena menurut Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007, sebanyak 71 persen remaja lebih menyukai curhat dengan sebanyanya.

“Saya juga  minta Anda jangan buru-buru kawin. Rencanakan dengan matang jika mau kawin. Tidak menikah di usia muda sangat berpengaruh pada penurunan fertilitas atau total kelahiran dari perempuan yang merupakan tujuan program kependudukan dan KB nasional,” kata Sugiri.(kkb2)